Bendungan Karet Kembali Robek, Layanan Air di Denpasar Terganggu

Kondisi bendungan karet yang robek mengakibatkan terganggunya produksi air Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar sejak Sabtu (10/10).
344 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Sejak Sabtu (10/10), sejumlah wilayah di Kota Denpasar mengalami gangguan pelayanan pendistribusian air. Gangguan pelayanan di beberapa tempat diperkirakan akan berlangsung hingga Selasa (13/10) besok. Hal ini terjadi akibat air baku keruh, serta robeknya bendungan karet di sungai yang dimanfaatkan sebagai air baku.

Dirut Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, IB Gede Arsana, mengatakan, meningkatnya intensitas hujan di daerah hulu dan wilayah Kota Denpasar sejak Sabtu (10/10) berdampak pada meningkatnya debit air sungai. Air sungai banyak tercampur lumpur dan dan material sampah. Akibatnya, tingkat kekeruhan air melebihi baku mutu sehingga produksi disetop. “Dampaknya, pelayanan pendistribusian air baku kepada pelanggan mengalami gangguan selama beberapa hari ke depan,” ujarnya Minggu (11/10).

Ia menjelaskan bahwa sedikitnya terdapat empat wilayah yang mengalami gangguan distribusi air. Gangguan di wilayah Denpasar Barat yang disebabkan oleh robeknya bendungan karet IPA Penet. Gangguan di wilayah Denpasar Utara yang disebabkan oleh robeknya bendungan IPA Blusung. Gangguan di wilayah Denpasar Timur disebabkan robeknya bendungan IPA Waribang. Gangguan juga terjadi di wilayah Gandapura dan sekitarnya lantaran pipa distribusi pecah akibat kena garuk alat berat Dinas PUPR.

Menanggulangi kondisi ini, Arsana menerangkan petugas saat ini sedang melaksanakan perbaikan secara intensif. “Untuk bendungan IPA Penet ditarget tuntas dalam tiga hari. Sedangkan untuk bendungan IPA Belusung, IPA Waribang, dan penyambungan pipa distribusi ditarget tuntas satu hari,” terangnya.

Ia mengaku telah menyiapkan beberapa langkah guna memastikan terpenuhinya kebutuhan air baku di masyarakat. Salah satunya dengan mendistribusikan air menggunakan mobil tangki. Bagi pelanggan yang terdampak, dapat memohon pelayanan air melalui mobil tangki pada Bagian Hubungan Pelanggan di nomor (0361) 240749, 087856049999, dan 081804499997. “Bagi daerah yang terdampak kami siapkan pendistribusian menggunakan tangki hingga pendistribusian kembali normal,” ujarnya.

IB Arsana menyampaikan permohonan maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan ini kepada masyarakat. Menurutnya hal ini akibat kondisi alam yang sulit diprediksi. “Kami memohon permakluman kepada pelanggan, dan kami juga akan segara melaksanakan perbaikan semaksimal mungkin. Semoga dapat segera selesai dan pelayanan dapat kembali normal,” pungkasnya. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.