Bendesa Adat Kuta Ajak Krama Mampu Ikut Berbagi Melalui Desa Adat

Distribusi sembako Desa Adat Kuta ke masing-masing banjar di Kuta, Badung, Rabu (10/6).
543 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Pandemi Covid-19 belum jelas bisa dipastikan kapan berakhir. Untuk itu, Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasista, mengajak seluruh tokoh dan masyarakat yang mempunyai rejeki lebih untuk berbagi bersama dalam wadah Desa Adat Kuta.

Selain memupuk kebersamaan, hal tersebut juga sekaligus akan meringankan beban Desa Adat Kuta dalam upaya meringankan krama adat Kuta yang terdampak Covid-19.

Wasista menyampaikan, sejauh ini Desa Adat Kuta telah menyalurkan bantuan paket sembako tahap kedua kepada 2.269 KK krama adat Kuta dari 13 banjar. Penyaluran tersebut dilakukan, Rabu (10/6). Pembagian sembako kembali dilakukan mengingat sektor perekonomian masyarakat Kuta, yang sampai saat ini sangat terdampak Covid-19.

“Kalau masyarakat memerlukan bantuan, tentu kita di desa adat tidak akan tinggal diam. Karena itulah kita bagikan paket sembako tahap kedua. Dan kemungkinan akan dibagikan lagi untuk tahap ketiga, jika pandemi Covid-19 ini berkepanjangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan sembako tersebut murni atas kerja sama antara LPD Kuta dengan Desa Adat Kuta. Kemudian ada pula sumbangan dari seorang tokoh masyarakat Kuta yang duduk di DPRD Badung, I Gusti Anom Gumanti. Putra asli Kuta tersebut menyumbang dana senilai Rp80 juta kepada Desa Adat Kuta yang kemudian disalurkan ke masing-masing banjar secara merata.

Ia mengharapkan ke depan tokoh Kuta dan masyarakat Kuta semakin bersatu dalam upaya meringankan beban masyarakat. “Kita mengharapkan sekali bantuan semacam ini agar jangan sampai kas desa adat ini habis untuk penanganan hal ini. Sebab kebutuhan desa adat itu banyak. Apalagi dalam menyongsong era new normal yang tentunya akan banyak memerlukan pembiayaan,” jelas Wasista.

Bendesa Adat Kuta menegaskan, ketika bantuan diterima dari salah satu pihak atau tokoh bukan berarti desa adat lebih condong kepada satu golongan. Pihaknya memandang setiap orang yang berniat bersama-sama menyalurkan bantuan, hal itu murni dari kepeduliannya untuk bersama-sama meringankan beban masyarakat. 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.