Begini Proses Pemeriksaan Thermal Scanner di Bandara

ist/layar pemeriksaan menggunakan thermal scaner
441 Melihat
MANGUPURA, POSBALI.co.id – Setiap penumpang yang melalui terminal kedatangan internasional bandara Ngurah Rai dipastikan telah mendapatkan pemeriksaan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Ngurah Rai. Dimana pihak KKP telah menempatkan 3 unit thermal scaner, sebagai pendeteksi suhu tubuh penumpang. “Jadi, ketika penumpa lewat maka kondisinya di cek pada layar. Jika suhu tubuhnya normal, dia akan lewat saja. Tapi jika suhunya mencapai 38 drajat, maka ia akan diperiksa lebih lanjut oleh dokter,”ujar Kepala KKP Kelas I Denpasar, dr Lucky Tjahjono, M.Kes dikonfirmasi Senin (9/3).

Ketika melewati alat thermal scanner, suhu tubuh penumpang diakuinya secara otomatis terpindai dan terlihat di dalam layar pengawasan. Dengan demikian maka penumpang merasa tidak akan di periksa oleh petugas, karena mereka tidak menyadari proses pemeriksaan tersebut. Hal tersebut dilakukan agar proses pemeriksan jangan sampai mengganggu jalur penumpang. “Mereka juga di ukur lagi dengan infra red termometer,”ungkapnya.

Terpisah, Minggu (8/3) sore para emangku kepentingan di bandara Ngurah Rai diketahui nelakukan rapat internal. Rapat tersebut dilakukan untuk meningkatkan pencegahan dan pengawasan virus Corona di Bandara Ngurah Rai. Adapun beberapa poin yang dibahas dalam rapat tersebut yaitu, pertama pembahasan rencana pengadaan/penambahan thermal scanner (fixed/portablle) di area kedatangan terminal domestik ataupun rekayasa antrian penumpang. Kedua, penambahan personil pemeriksa kesehatan (KKP) di area kedatangan domestik dan petugas pemeriksa suhu badan. Ketiga, perlu dasar hukum dari regulator terkait incase ada penumpang yang menolak untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan (pengkuran suhu tubuh). Keempat, akan diadakan rapat reguler setiap hari untuk evaluasi dan ke lima, hasil dari rapat ini akan disampaikan pada rapat pembentukan tim kendali Corona Virus. GAY

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.