Bayar Kaul, Pasangan Pengantin Naik Arko

Pasangan I Komang Saputra dengan Ni Kadek Yuliantari, sepulang dari acara penjemputan mempelai perempuan, menaiki alat mengangkut barang dengan satu roda (biasa disebut arko).
1,749 Melihat

KARANGASEM, posbali.co.id – Ada-ada saja cara unik orang untuk menghadirkan suasana “berbeda” dalam acara pernikahan. Salah satunya ditunjukkan pasangan I Komang Saputra dengan Ni Kadek Yuliantari, warga Banjar Dinas Tukad Sabuh, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem.

Sepulang dari acara penjemputan mempelai perempuan, pengantin baru ini menaiki alat mengangkut barang dengan satu roda (biasa disebut arko) yang dihias sedemikian rupa menuju rumah pengantin pria.

Menurut Saputra, alasannya menaiki arko tersebut bukan datang dari diri sendiri, melainkan karena ada salah seorang sahabatnya membayar kaul alias utang janji. “Ada teman yang bikinkaul, kalau saya nikah, setelah upacaranya saya akan diantar naik arko,” kisah Saputra di sela-sela upacara, Jumat (6/11).

I Nengah Rata Yasa alias Kipli, sahabat sekaligus orang yang membuat kaul tersebut, berkata kauldiucapkan pada saat menggelar upacara melaspas sanggah di rumahnya, beberapa bulan lalu. “Saya bilang kalau nanti benar Komang Saputra ini menikah sama Yuliantri setelah upacara (di rumah) saya, nanti akan diantar pakai arko saat upacara pernikahannya,” tutur Kipli dengan semringah. nad

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.