Banyak Jukir Belum Disiplin Prokes

Juru Parkir di Kawasan Renon tidak memakai masker saat berinteraksi dengan pengemudi mobil
158 Melihat

DENPASAR, POS BALI- Perilaku juru parkir (Jukir) di Kota Denpasar belum semuanya disiplin protokol kesehatan (Prokes) saat menjalankan tugasnya. Banyak ditemukan Jukir yang tidak memakai masker.

Padahal mereka adalah kelompok masyarakat yang rentan tertular maupun menularkan Covid-19 karena berinteraksi dengan banyak pengendara yang memarkir kendaraannya.

Sulit menemukan Jukir yang disiplin memakai masker di Denpasar. Jika anda mendatangi ruko, rumah makan, pasar dan tempat lainnya, Jukir umumnya terlihat tak memakai masker.

Me, warga Denpasar, mengakui kondisi tersebut. Ia mengaku tak nyaman dengan Jukir yang tak pakai masker. “Sebab kadang ada interaksi saat minta uang parkir tapi mereka tidak pakai masker,” ujarnya.

Ia mengaku beberapa kali batal memasuki ruko dan rumah makan ketika melihat Jukirnya tidak memakai masker. “Cari tempat lain yang Jukirnya pakai masker tapi itu sulit juga ditemukan,” katanya.

Penulis punya kisah tersendiri untuk mengindari interaksi langsung dengan Jukir yang tak pakai masker. Interaksi dengan Jukir biasanya terjadi saat membayar parkir. Untuk menghindari interaksi itu, uang parkir dititipkan kepada karyawan di tempat yang dikunjungi. Jukir hanya membantu mengarahkan kendaraan tapi berada dalam jarak aman.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai meminta semua elemen masyarakat untuk disiplin menerapkan prokes kendati kasus Covid-19 di Denpasar saat ini melandai.

Jika abaikan Prokes, kasus Covid-19 bisa saja kembali meningkat atau muncul gelombang ketiga. Apalagi ada potensi peningkatan kasus Covid saat liburan Natal dan Tahun Baru 2022 jika tidak ada antisipasi seperti disiplin prokes.

“Tidak boleh kendor menerapkan prokes. Jika lengah dan abai dengan prokes tidak menutup kemungkinan kasus covid bisa kembali meningkat. Kita harus terus waspada dan disiplin prokes,” tegas Dewa Rai. 010

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.