Bank Indonesia Bantu Mesin Pencacah Sampah di TOSS Center

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali, Trisno Nugroho, melihat mesin pencacah sampah di TOSS Center, Dusun Karangdadi Kusamba, Rabu (4/11).
100 Melihat

KLUNGKUNG, posbali.co.id – Dari semua kepala daerah di Bali, hanya Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, yang dinilai mempunyai komitmen terhadap pengelolaan sampah. Ketika yang lain ribut dengan bagaimana cara menangani sampah, hanya Suwirta yang melakukan sesuatu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Demikian kata Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali, Trisno Nugroho, di sela-sela pemotongan pita dan mencoba mesin pencacah sampah di TOSS Center di Dusun Karangdadi Kusamba, Rabu (4/11).

Didampingi Bupati Suwirta, dalam sambutannya Nugroho mengaku terkesan dengan komitmen Suwirta. Untuk itu ia akan mendukung inovasi Pemkab Klungkung dalam pengelolaan sampah. “Untuk menyukseskan suatu program, diperlukan komitmen dari pimpinan dan jajarannya. Tunjukkanlah kontribusi untuk bangsa sampai akhir kita bekerja,” pesannya.

Dalam kesempatan itu pula Suwirta mengenalkan mengenai salam Gema Santi yang merupakan cikal bakal dari Inovasi Pemkab Klungkung, yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Dia juga menyampaikan tentang bagaimana awal tercetusnya inovasi TOSS kepada Trisno Nugroho dan jajarannya. Kata dia, inovasi TOSS masuk dalam Top 40 di pemerintah pusat, dan memperoleh dana Rp 4,5 miliar. “TOSS Center Karangdadi ini dibangun dengan menggunakan dana tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh diuraikan, alat yang digunakan mengelola sampah di inovasi TOSS ini belum masuk ke E-Katalog, sehingga selama ini TOSS dapat berjalan melalui bantuan CSR dari berbagai sumber. Antara lain BPD Bali, BNI dan lain-lainnya. TOSS ini merupakan bagian dari Pemkab Klungkung yang dapat diimplementasikan dalam mendukung Peraturan Gubernur Bali tentang mengelola sampah dari sumbernya.

Sebelumnya tercatat, bantuan mesin pencacah sampah yang diberi berupa mesin Chopper Mill dengan kapasitas 225-325 kg/jam. Mesin menggunakan sistem pisau knock down atau sistem pisau pencacah bisa dibongkar pasang, sehingga dapat memaksimalkan kinerjanya.

Atas bantuan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, AA Ngurah Kirana, menyampaikan terima kasih atas bantuan mesin pencacah sampah yang diberikan. “Dalam pengembangan inovasi TOSS ini, Pemkab Klungkung mendapat dukungan metodologi secara ilmiah dari STT PLN, dan Indonesia Power,” katanya menandaskan. 022

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.