Bank BPD Bali Siapkan KUR Bunga 6 Persen, Angin Segar bagi Pedagang

Foto: MADE LESTARA WIDIATMIKA Made Lestara Widiatmika. Foto: nan
1,567 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Dibukanya aktivitas masyarakat secara bertahap diharap mampu menggeliatkan sektor rill untuk memulai menguatkan pertumbuhan ekonomi Bali. Membangkitkan kembali geliat UMKM Bali di tengah pandemi Covid-19 pada Tatanan Bali Era Baru, Bank BPD Bali menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) total sebesar Rp750 miliar.
‘’Kita sudah berancang-ancang segera merealisasikan KUR untuk menyasar UMKM. Pedagang-pedagang juga kita sasar untuk kita bisa berikan dan tawarkan,’’ ujar Direktur Kredit Bank BPD Bali, Made Lestara Widiatmika, SE., Selasa (14/7).
Lestara menyampaikan, dari total KUR yang disiapkan tahun 2020, pada triwulan I dan II sudah terealisaai sekitar Rp360 miliar. Diharapkan, sisanya bisa terealisasi secara penuh hingga akhir tahun mendatang dengan suku bunga 6 persen.
Penawaran kredit untuk sektor UMKM ini juga seiring upaya Bank BPD Bali dalam memfasilitasi dunia usaha untuk memiliki QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). ‘’Kita juga melakukan gebyar QRIS dalam rangka New Normal ini, disamping itu juga kita sasar UMKM. QRIS kita kasi dan tawarkan KUR kepada pedagang-pedagang. Kita membantu agar masyarakat kembali membuka peluang untuk berusaha,’’ terang Lestara.
Disampaikan untuk UMKM, saat ini disiapkan plafon kredit mikro hingga Rp50 juta yang sebelumnya hanya Rp25 juta tanpa anggunan. Sedangkan untuk KUR kecil dengan plafon Rp50-500 juta. Namun diakui, tahun ini karena pandemi Covid-19 target penyaluran KUR mengalami penurunan dari target awal Rp1,59 triliun menjadi Rp750 miliar. Namun penurunan ini tergolong cukup kecil karena tahun 2019 mampu merealisasikan KUR sekitar Rp955 miliar. ‘’Sebelumnya kan kita targetkan salurkan KUR sekitar Rp1,59 triliun karena situasi begini adanya pandemi ini yang akhirnya kita mengubah RBB (Rencana Bisnis Bank) untuk menurunkan target penyaluran,’’ pungkasnya. 016

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.