Banjar Ubung Jimbaran Lakukan Pencegahan Dini Virus Corona dan DBD Secara Mandiri

ist/penyemprotan disinfektan dan fogging yang dilakukan swadaya oleh prajuru dan kaling banjar Ubung Jimbaran
1,003 Melihat
MANGUPURA, POSBALI.co.id – Upaya pencegahan penyebaran virus corona dan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Rabu (18/3) dilakukan secara mandiri di Lingkungan Banjar Ubung Jimbaran. Upaya pencegahan itu dilakukan dengan fogging dan penyemprotan disinfektan, ke sejumlah wilayah wewidangan banjar Ubung Jimbaran. Seperti di Balai Banjar, perumahan warga, pasar desa, Sekolah Taman Sastra, PAUD Kumara Sari dan sejumlah fasilitas umum yang berada di lingkungan banjar Ubung.

Kelian Banjar Ubung, Made Subagiada menerangkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk inisiatif dari prajuru banjar dan kaling, dalam upaya preventif (pencegahan) penyebaran wabah virus corona dan DBD. Khusus untuk DBD, sejauh ini sudah ada 2 orang warga Jimbaran yang dirawat di Rumah Sakit karena wabah tersebut. “Langkah preventif ini swadaya dari prajuru dan kaling. Sebab di masyarakat meraasa khawatiran akan 2 wabah penyakit itu. Terlebih lagi informasi yang berkembang dirasa masih simpang siur. Jadi dari pada kami menunggu, lebih baik kami berupaya mencegah,”ungkapnya.

Karena upaya tersebut dilakukan swadaya, maka penyemprotan tersebut diakuinya belumlah secara keseluruhan dilakukan. Namun kedepan, pihaknya akan terus mengupayakan langkah serupa secara bertahap dan berkelanjutan, demi kenyamanan dan keamanan di wilayah banjar Ubung. “Penyemprotan tadi (kemarin) kita lakukan dari pukul 05.00-09.00 Wita. Itu menggunakan sekitar 10 liter cairan disinfektan,”terangnya.

Untuk memaksimalkan pencegahan tersebut, pihaknya berharap agar masyarakatnya juga menerapkan pola prilaku hidup bersih. Sebab hal itu merupakan kunci utama dalam pencegahan wabah penyakit. Disisi lain pihaknya juga berharap pemerintah juga bisa melakukan langkah yang sama, sehingga hal itu akan membuat upaya pencegahan semakin maksimal adanya. “Sepengetahuan saya sejauh ini belum ada penyemprotan dari pemerintah, tapi katanya akan ada. Kami harap ini bisa segera dilaksanakan, sebab ini sangat diperlukan dan diinginkan warga,”harapnya. 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.