Bale Pawedan Pura Pasek Punduk Dawa Roboh Diterjang Angin Puting Beliung

Bale pawedan di Pura Penataran Ratu Pasek Linggih Mpu Ghana, Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Dawan, Klungkung roboh diterjang angin puting beliung, Minggu (28/2/2021) sore.
1,209 Melihat

KLUNGKUNG, posbali.co.id – Bale pawedan di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana, Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung roboh diterjang angin puting beliung, Minggu (28/2) sore. Atas kejadian tersebut Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, langsung turun ke lokasi meninjau kondisi bangunan tersebut.

Jro Mangku Gede Arya Surabawa menuturkan, angin begitu keras sekitar pukul 14.00 WITA. Entah dari mana datangnya, tiba-tiba di seputaran pura terjadi angin kencang. “Angin berputar-putar di dekat pura. Tidak lama kemudian bangunan bale pawedan roboh, rata dengan tanah,” ujar Jro Mangku yang melihat langsung kejadian tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian material ditaksir mencapai Rp1,3 miliar. “Angin yang begitu kencang sekali, saya kaget langsung melihat bale pawedan sudah runtuh. Tanda-tanda keruntuhan tidak ada, tiba-tiba sudah roboh,” tuturnya.

Di hari yang sama, bale piasan di Pura Bukit Galah, Desa Dawan Klod juga roboh terkena angin kencang. Akibat kejadian ini, kerugian diperkirakan Rp40 juta. Di hari yang sama juga banyak kejadian pohon tumbang, di antaranya di Jalan Raya Desa Paksebali tepatnya di sebelah timur jembatan Kali Unda. Pohon bunut berdiameter 6 meter yang berada di barat jalan tumbang menutupi seluruh badan jalan.

Di jalan Dawan Kaler menuju Desa Sente, pohon durian dan bayur tumbang menutupi seluruh badan jalan. Pohon kelapa juga tumbang dan menimpa rumah warga di Dusun Badung, Desa Gunaksa. Pohon jati menimpa rumah warga di Dusun Nyamping, Desa Gunaksa. Pohon kamboja menimpa pelinggih Balang Tamak di Desa Gunaksa dengan kerugian diperkirakan Rp8 juta.

Kemudian, di Banjar Sangluh, Desa Pesinggahan, pohon enau menimpa rumah I Nengah Surata, diperkirakan kerugian Rp20 juta. Di Banjar Belatung, Desa Pesinggahan terjadi pohon kelapa tumbang menimpa sapi milik Ni Wayan Sorni dengan kerugian Rp9 juta.

Atas kejadian tersebut, Bupati Suwirta meminta kepada masyarakat selalu waspada dengan situasi yang tidak bisa diduga dengan hujan deras dan angin kencang. “Selalu waspada dan berhati-hati. Semoga kejadian serupa tidak ada lagi,” pintanya. Suwirta juga mengingatkan kepada petugas BPBD Klungkung untuk jaga keselamatan dalam bertugas. Dia menugaskan Kalak BPBD menginventarisasi semua kejadian untuk dilaporkan ke BPBD Bali. 022

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.