Badung Kurangi Jatah Wifi di Banjar-Banjar

Ilustrasi
91 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Jaringan internet gratis atau Wifi di masing-masing banjar difasilitasi Pemerintah Kabupaten Badung. Pada anggaran perubahan APBD tahun 2021, kecepatan Wifi yang dipasang di masing-masing banjar dipangkas dari kecepatan 20 Mbps menjadi 10 Mbps.

Pengurangan kecepatan itu tidak berlaku bagi Wifi gratis yang terpasang di fasilitas kesehatan, sekolah, dan objek wisata. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badung, IGN Jaya Saputra membenarkan pengurangan kecepatan yang dilakukan untuk Wifi di banjar-banjar.

“Kapasitas bandwidth terkena rasionalisasi anggaran, kami melakukan pemangkasan untuk kecepatan Wifi yang berada di masing-masing banjar. Pemangkasan kecepatan ini sudah dilakukan dari bulan Juli lalu,” beber Jaya Saputra dikonfirmasi, Kamis (2/9/2021).

Lebih lanjut, untuk Wifi di fasilitas kesehatan seperti di Puskesmas, rumah sakit dan sekolah kecepatannya masih normal alias tidak ada pemangkasan.  “Kita fokus untuk bandwidth di fasilitas kesehatan dan sekolah. Jadi tidak dikurangi bandwithnya,” terangnya.

Selain itu pembatasan layanan Wifi selama PPKM juga dibatasi sampai pukul 20.00. Untuk pembatasan layanan Wifi, sudah sesuai arahan dan hasil rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Bali. Pembatasan layanan tersebut untuk mengurangi kerumunan.

“Jadi untuk Wifi yang dibatasi yakni di kantor camat, desa, balai Banjar dan yang lainnya. Untuk layanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit tetap kita hidupkan,” jelasnya.

Untuk diketahui di kabupaten Badung terdapat kurang lebih 987 titik di enam kecamatan sudah terpasang jaringan Wifi. Semua itu meliputi Kecamatan Petang 103 titik, Kecamatan Abiansemal 230 titik, Kecamatan Mengwi 325 titik, Kecamatan Kuta Utara 128 titik, Kecamatan Kuta 66 titik, dan Kecamatan Kuta Selatan sebanyak 135 titik Wifi. 020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.