Asosiasi BPD Kabupaten Tabanan Periode 2020-2026 Dikukuhkan

Pengukuhan Asosiasi BPD Kabupaten Tabanan periode 2020-2026 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (8/9).
921 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Bupati Tabanan mengukuhkan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Tabanan, untuk periode 2020-2026. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (8/9).

Dalam acara pengukuhan tersebut, Bupati Tabanan diwakili oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Tabanan, IGA Sumarpadni. Turut hadir Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, perwakilan Forkopimda Tabanan, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, serta perwakilan beberapa anggota BPD se-Kabupaten Tabanan.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara virtual, yang melibatkan 1.065 pengurus dan anggota BPD yang tersebar di 133 desa di Kabupaten Tabanan. Kehadiran peserta di Gedung Kesenian I Ketut Maria dibatasi agar sesuai dengan protokol kesehatan.

Bupati Tabanan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sumarpadni menyampaikan pesan agar dalam mengawali kegiatan ini dengan optimisme untuk berkarya lebih baik lagi, dalam mewujudkan Tabanan yang sehat, aman dan berprestasi. Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus dan anggota Asosiasi BPD se-Kabupaten Tabanan periode 2020-2026 yang dikukuhkan. “Semoga momentum ini akan menambah semangat baru dalam membangun Kabupaten Tabanan yang kita cintai ini,” ujarnya.

Asosiasi BPD dikatakan sebagai lembaga formal, yang mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, demokrasi, dan kesejahteraan masyarakat. “Diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah desa dan kabupaten, sehingga dapat memfasilitasi dan mengomunikasikan program-program pembangunan yang searah dengan pembangunan di Kabupaten Tabanan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Tabanan, Wiguna, mengatakan, asosiasi ini merupakan kelanjutan dari forum BPD yang terdahulu, yang kemudian diubah menjadi asosiasi BPD. “Asosiasi sejenis sudah berdiri di tingkat provinsi dan nasional, sehingga mampu memperlancar dalam pelaksanaan tugas kami,” kata Wiguna.

Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, memberikan masukan kepada para pengurus dan anggota Asosiasi BPD se-Kabupaten Tabanan. Dikatakan, desa adalah miniatur dari kabupaten. Untuk itu, dia minta kepada Pemkab Tabanan melalui DPMD, membina dan membimbing desa dan BPD, karena itu adalah aset untuk membangun kabupaten.

“Kalau tenaga kita canggih dan manfaatkan secara maksimal di desa, maka kabupaten ini akan habis dibagi oleh desa. Dalam artian, kalau kita berhasil di desa, otomatis kita berhasil di kabupaten,” ucap Dirga. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.