Antisipasi Merebaknya Virus Corona, Disdik Instruksikan Cuci Tangan Sebelum Masuk Kelas 

869 Melihat
Siswa Sekolah Dasar mencuci tangannya sebelum masuk kelas – POS BALI/ADI

GIANYAR, posbali.co.id – Antisipasi terhadap merebaknya Virus Corona Dinas Pendidikan Gianyar instruksikan kepada setiap jenjang Pendidikan dari Tingkat PAUD, SD dan SMP negeri maupun swasta, secara serempak melaksanakan cuci tangan bersama sebelum masuk ruang kelas. Instruksi tersebut dimulai sejak Rabu lalu. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidilan Gianyar, I Wayan Sadra, Minggu (15/3).

Siswa mencuci tangan sebelum memasuki ruang kelas – POS BALI/ADI
Lebih lanjut dikatakanya, instruksi tersebut dilakukan dengan  surat edaran ke setiap sekolah,  untuk lebih waspada. “Kepala sekolah kita minta agar lebih intens melakukan pengawasan terhadap guru-gurunya dan juga terhadap siswanya,” ungkapnya.
Terkait dengan cuci tangan sebelum masuk kelas, Sadra mengatakan, 217 PAUD, 281 SD dan 46 SMP negeri maupun swasta yang ada dieilayah Kabupaten Gianyar, telah melakukan gerakan cuci tangan sebelum masuk kelas. “Gerakan ini sebagai langkah antisipasi terhadap  menyebarnya Virus Corona,” jelasnya.
Sadra meminta agar gerakan cuci tangan sebelum masuk kelas ini,  tidak saja untuk antisivasi Virus Corona saja,  namun yang paling penting adalah menjadikan cuci tangan sebelum masuk kelas sebuah budaya bersih diri. “Saya harapkan ini menjadi budaya bersih diri di masing-masing sekolah pada setiap peserta didiknya. Budaya bersih diri itu mencerminkan tingkat kesehatan anak sejak dini sudah dibangun,” ujarnya.
Sadra mebegaskan, untuk mewujudkan anak bangsa yang cerdas, harus diawali dengan anak bangsa yang sehat. Sehingga Human Develovment Indek (Indek pembangunan manusia) secara dini dapat ditingkatkan. Berorientasi pada Sport Develovment Indek (indek pembangunan Kesehatan). “Bila sinergi antara tingkat kesehatan anak  dan tingkat kecerdasan anak, maka saya yakin  kedepan pembangunan pendidikan akan melahirkan SDM yang unggul,” tegasnya.

Tidak hanya menginstruksikan kepada sekolah saja, namun Sadra juga melakukan hal yang sama terhadap stafnya di kantor Disdik Gianyar. “Gerakan cuci tangan ini juga daya terapkan untuk seluruh karyawan di Disdik Gianyar,” pungkasnya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.