Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Cuti Bersama, Petugas Gabungan Siaga di Sejumlah Obyek Wisata

Kasat Pol PP Badung Gusti Agung Ketut Suryanegara
Kasat Pol PP Badung Gusti Agung Ketut Suryanegara
335 Melihat

MANGUPURA, POS BALI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Badung bersiap melakukan langkah mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di cuti akhir Oktober hingga awal November akibat kunjungan wisatawan. Personil gabungan agar bersiaga di sejumlah obyek wisata untuk memastikan setiap wisatawan  disiplin menerapkan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan hidup baru.

Hal ini sesuai Surat Edaran Pemprov Bali Nomor 4235 tahun 2020 tentang Kewaspadaan Kegiatan Libur Panjang dan Cuti Bersama Bulan Oktober 2020 dalam Rangka Menekan Kasus Penularan Covid-19 di Provinsi Bali. Dalam surat yang ditandatangani Sekda Bali atas nama Gubernur Bali tersebut tanggal 22 Oktober itu, bupati dan walikota juga diminta meningkatkan kewaspadaan.

Dalam poin pertama dinyatakan, pemerintah kabupaten/kota, para pengelola dan pemangku kepentingan di tempat-tempat wisata, serta masyarakat wajib meningkatkan kewaspadaan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan terutama memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, membatasi jumlah kunjungan wisatawan sampai dengan 50 persen dari kapasitas. Selain itu, aparat daerah khususnya Satuan Polisi Pamong Praja, diminta bekerjasama dengan aparat TNI/Polri di tempat-tempat pariwisata agar mengawasi untuk mengurangi kerumunan.

Selanjutnya pada poin ketiga agar melakukan sosialisasi secara terus menerus di berbagai tempat wisata terkait pentingnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19 agar libur panjang menjadi lebih aman dan nyaman.  Terakhir, pemerintah juga berharap kepada para media, agar senantiasa menyampaikan pesan liburan yang aman dan nyaman tanpa kerumunan, tanpa kumpul-kumpul, dengan demikian kasus bisa kita kendalikan.

Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan, pihaknya akan mengadakan rapat khusus terkait pengawasan tersebut. “Besok (hari ini, Red) kami akan mengadakan rapat terkait libur panjang. Kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan mendapat berbagai masukan. Misalnya pengadaan rapid test dan swab,” ungkapnya, Minggu (25/10).

Diterangkan Suryanegara, cuti bersama akan berlangsung sekitar enam hari. Yakni mulai Rabu 28 Oktober hingga Minggu 1 November mendatang. Dengan demikian, pihaknya harus siaga, mengingat Badung merupakan salah satu tempat yang menjadi daerah tujuan wisata. “Intinya kami tidak mau kecolongan. Kami akan berupaya seoptimal mungkin. Tentunya kami tidak sendiri. Kami bersinergi dengan Dinas Perhubungan, TNI, Polri, dan aparat lainnya,” terangnya. 020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.