Antisipasi Banjir, Masyarakat Jangan Buang Sampah ke Drainase dan Sungai

Tim gabungan Pemkot Denpasar saat menangani drainase yang tersumbat sampah ketika terjadi hujan deras, Sabtu (10/10).
335 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Meskipun belum sepenuhnya memasuki musim hujan, namun hujan dengan intentitas tinggi mulai terjadi di wilayah Kota Denpasar dan sekitarnya. Mengantisipasi terjadinya banjiri ataupun genangan akibat hujan, Pemkot Denpasar meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah ke drainase ataupun sungai.

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta, menjelaskan sistem drainase sudah cukup baik, namun curah hujan cukup tinggi disertai sumbatan sampah dan topografi yang cenderung datar membuat timbulnya genangan air.

Seperti saat hujan deras, Sabtu (10/10), yang mengakibatkan debit air permukaan tidak sepenuhnya dapat tertampung di drainase maupun sungai. “Kondisi ini memungkinkan daya tampung drainase yang melebihi kapasitasnya sehingga menimbulkan genangan,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, sedikitnya terdapat 13 titik genangan yang terjadi yang tersebar di beberapa titik. Yakni Jalan Gunung Salak, Monang-Maning, Segina Kertapura, Jalan Tukad Pule, Jalan Moh. Yamin, Jalan A. Yani, Jalan Kecubung, Jalan Kaliasem, Jalan Tukad Nyali, Jalan Raya Puputan, Jalan Tukad Gangga, Jalan Hang Tuah, dan Jalan Cok Agung Tresna.

Jimmy Sidharta mengatakan, Dinas PUPR Kota Denpasar menerjunkan 300 orang petugas bersama tim gabungan yang terdiri atas BPBD dan DLHK Kota Denpasar langsung melaksanakan penanganan di 13 titik tersebut. Seluruh tim juga menyebar ke seluruh wilayah Kota Denpasar untuk melaksanakan pemantauan dan penanganan luberan air. “Sejak adanya laporan kami langsung atensi dan turunkan seluruh tim, bersama tim gabungan sehingga secepat mungkin aktivitas dapat kembali normal,” jelasnya.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, mengatakan memasuki akhir tahun yang identik dengan cuaca buruk seperti hujan lebat dan angin kencang, pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak bepergian untuk selalu memperhatikan kondisi  cuaca saat bepergian. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.