Angkut Kayu Diduga Pembalakan Liar, Mobil Pikap Diamankan Polisi

Mobil pikap L 300 yang diamankan jajaran Polsek Seririt. Kendaraan ini mengangkut sejumlah kayu jenis sonokeling diduga hasil pembalakan liar.
49 Melihat

BULELENG, posbali.co.id – Jajaran Polsek Seririt mengamankan mobil yang mengangkut sejumlah kayu jenis sonokeling diduga merupakan hasil illegal logging (pembalakan liar). Sopir berinisial ES asal Banyuwangi, saat ini masih dimintai keterangan dalam proses penyelidikan untuk dapat mengungkap apakah kayu itu hasil curian di hutan atau tidak.

Menurut informasi diterima, mobil pikap L 300 dengan nopol DK 8650 UK yang dikemudikan ES diamankan oleh anggota polisi pada Rabu (9/6/2021) malam. Saat itu, anggota yang melakukan patroli melihat mobil pikap warna hitam melintas di jalur Desa Sulanyah, Kecamatan Seririt, Buleleng, mengangkut sejumlah kayu jenis sonokeling.

Saat dihentikan dan dilakukan pemeriksaan, sopir pikap tidak mampu menunjukkan dokumen pengangkutan kayu tersebut. Selanjutnya ES dibawa ke Polsek Seririt untuk dimintai keterangan. Jumlah kayu jenis sonokeling yang dibawa diperkirakan 4 kubik.

Kepada polisi, ES mengaku hanya bertugas mengirim kayu-kayu tersebut ke wilayah Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Buleleng yang diperintah langsung oleh bosnya usai mengambil kayu jenis sonokeling dari kawasan hutan yang ada di wilayah Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

“Ngambil sekitar jam 10 malam. Tujuannya, ya bawakan ke Temukus. Dari arahan bos, tinggal bawa saja terus pulang, nanti dikasih (diberi) upah, itu saja. Diamankan sekitar jam 11.45 malam,” ujar ES.

Kapolsek Seririt, Kompol Gede Juli, mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, apakah kayu-kayu itu hasil pembalakan liar atau tidak. “Kami masih telusuri, anggota sedang turun ke lapangan mengecek, apakah ada izin atau tidak,” kata Kompol Juli, Kamis (10/6/2021).

Selain itu, polisi masih menelusuri orang yang memerintahkan ES untuk mengirim kayu tersebut ke wilayah Desa Temukus. “Kami belum pastikan apakah ini illegal logging apa tidak, karena saat ini masih dalam penyelidikan. Ya kalau memang benar illegal logging, tentu akan kami tindaklanjuti sesuai dengan proses hukum yang berlaku dan ini tegas,” pungkas Kompol Juli. 018

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.