Anggota DPRD Gianyar Bagikan  Bibit Sayuran

968 Melihat
Dewa Gde Agung Pastika didampingi istrinya membagikan bibit sayur sayuran untuk warga – POS BALI/ADI

GIANYAR, posbali.co.id – Salah satu anggota DPRD Gianyar mengajak masyarakat agar tidak gengsi bertani, dan memanfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan keluarga. Tidak hanya mengajak masyarakat bertani, Dewa Gde Agung Pastika juga membagikan 15 ribu bibit sayuran.
Dewa Gde Agung Pastika ditemui Sabtu (2/5/2020) mengatakan, bibit sayuran, seperti cabe, tomat, terong, mentimun dan sayuran lainya diberikan kepada warga yang mempunyai keinginan besar bertani. Tetapi karena warganya mengatakan tidak bisa membeli bibit, maka ia membantu memberikan bibit. ‘Saya janji kepada mereka bantu bibit sayuran. Sesuai dengan janji saya, mereka datang ke rumah untuk ambil bibit,” ujarnya pria yang biasa disapa DKM ini.

Disamping itu, ada juga beberapa Kelian di seputaran Tampaksiring yang datang mengambil bibit. Nantinya bibit itu akan dibagikan oleh oleh kelian untuk warganya. “Ada juga yang akan ditanam dilahan kosong yang ada di wilayah banjar kelian tersebut,” jelas anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar ini.
Diungkapkanya, tidak hanya tanaman hias saja, tetapi aneka jenis tanaman sayur juga bisa menambah asri pekarangan. “Aneka jenis sayuran juga bisa membuat pekarangan asri,” ungkapnya.
Bahkan dikatakanya, menanam sayur sayuran tidak lagi harus dilakukan di lahan yang luas, tetapi bisa dilakukan lahan kosong yang ada di rumah. “Kalau tidak ada lahan kosong, bisa juga menggunakan botol bekas,” jelasnya.
Dikatakan pria asal Banjar Melayang, Pejeng Kaja, Tampaksiting ini, menanam sayuran dalam botol bekas ini, sekaligus merecycle barang yang sudah tidak terpakai. “Menjadikan barang tersebut mempunyai nilai dan lebih berguna. Selain itu juga bisa diletakan di sudut kosong yang ada di halaman rumah,” ujarnya.
Bahkan, menurutnya, menanam sayuran di pekarangan rumah juga memberi manfaat ganda. “Selain untuk menghias rumah dan menambah segar suasana, sayur yang ditanam tentu saja bisa mencukupi kebutuhan pangan,” pungkasnya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.