Anggota DPR Nyoman Parta Jelaskan Pentingnya Empat Pilar Dihadapan 250 Siswa SMKN 1 Mas Ubud

343 Melihat

GIANYAR, POSBALI – Rasa terimakasih kami sampaikan kepada Anggota DPR/MPR-RI, I Nyoman Parta yang sudah memberikan sosialisasi Empat Pilar MPR-RI ke SMKN 1 Mas Ubud, Gianyar. Antusiasme pertanyaan dan jawaban dari para siswa-siswi kami terkait Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang disampaikan ke Nyoman Parta telah menjadi indikator bahwa siswa-siswi kami di SMKN 1 Mas Ubud telah memiliki niat untuk belajar tentang Dasar dan Ideologi Negara.

“Kami pun yakin, antusiasme para siswa ini akan menjadi penyemangat kami dalam mempertahankan ideologi Pancasila di sekolah,” demikian pernyataan Kepala SMKN 1 Mas Ubud, Drs. I Wayan Sunita, MM.MPd kepada awak media di Gianyar usai mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI yang diberikan oleh Anggota DPR/MPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan, I Nyoman Parta di Wantilan Pura Taman Pule, Mas-Ubud, Selasa (11/2).

Sementara dalam pemaparannya, Nyoman Parta mengungkapkan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini sangat penting kami sampaikan dalam kehidupan bernegara, mengingat secara internal kita menghadapi tantangan kebangsaan yang diantaranya berupa masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit, hingga menyebabkan kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinekaan dan kemajemukan. Tidak hanya internal, secara eksternal kita juga menghadapi tantangan kebangsaan seperti pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam.

“Untuk menghadapi tantangan tersebut, maka kita semua, termasuk para pemuda yang masih berstatus siswa – siswi ini mesti memiliki dasar yang kuat untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia ini dengan mengamalkan nilai Pancasila,” ujar mantan aktivis mahasiswa ini dengan nada semangat seraya menegaskan Pancasila merupakan Dasar dan Ideologi Negara, Pancasila sebagai pandangan hidup, sebagai pemersatu bangsa, dan Pancasila sebagai fondamen, hingga filsafat.

Acara sosialisasi Empat Pilar MPR-RI yang menyajikan konsumsi ramah lingkungan atau para peserta dilarang menggunakan plastik sekali pakai selama kegiatan berlangsung, tercatat juga ada beberapa alasan kenapa Nyoman Parta mengadakan sosialisasi ini dengan melibatkan kaum pemuda. Karena menurut mantan Ketua Komisi IV DPRD Bali ini bahwa Pancasila dalam proses perumusannya sebagai dasar negara dilakukan oleh seorang pemuda yang kemudian merupakan Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno.

Saat sidang pertama BPUPKI, Soekarno menawarkan 5 prinsip dasar negara yang diberi nama Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945. “Jadi saya menaruh harapan besar kepada anak muda di SMKN 1 Mas Ubud untuk bisa menjadi pemimpin,” ujar Parta dihadapan 250 siswa SMK Negeri 1 Mas Ubud, Gianyar, Bali.022/baw

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.