Album “Bongkar Batas” Eternal Madness Dirilis Ulang, Distribusi hingga Eropa

Eternal Madness, band death metal asal Bali yang baru saja merilis ulang album "Bongkar Batas".
914 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Di pengujung tahun 2020, Sadist Records, label yang telah banyak merilis band metal di Indonesia dan mancanegara merilis ulang album “Bongkar Batas” dari grup band Eternal Madness. Album ini tidak hanya diedarkan di Indonesia saja, tetapi juga didistribusikan hingga Asia dan Eropa.

Eternal Madness merupakan grup band beraliran death metal asal Pulau Dewata. Sang vokalis, Sapta Mulya atau yang akrab disapa Moel Madness mengatakan album “Bongkar Batas” adalah album kedua dari Eternal Madness yang dirilis pada tahun 2000 atau 20 tahun silam. Di dalam album ini terdapat 10 buah lagu yakni Kidung Kematian, Kurusetra, Bunuh Diri, Trauma Kaliyuga, Disebabkan Agama, Hanya Ilusi, Bongkar Batas, Karmaphala, Jalan Keabadian, dan terakhir Gerbang Dimensi Abadi.

“Album ini diedarkan dengan sistem distribusi major label dan merupakan album death metal indie pertama di Indonesia yang didistribusikan secara major atau mainstream,” ujar Moel Madness pada Rabu (23/12/2020) di Denpasar.

Moel menyampaikan, sehubungan dengan rilis ulang (reissue) “Bongkar Batas” dari Eternal Madness, pada tanggal 19 Desember 2020 lalu diadakan rilis party yang digelar berupa studio gigs bertempat di Caffeine Sanctuary, Jalan Pengiyasan, Sanur, Denpasar. Lokasi ini merupakan Mabes Madman (sebutan untuk fans base Eternal Madness). “Ini rilis party untuk perilisan CD album Eternal Madness yang pernah dirilis tahun 2000 berupa kaset,” jelasnya.

Dalam acara tersebut Eternal Madness mengajak beberapa band metal Bali dan Jakarta yang kebetulan baru merilis album dan tour di Bali. Band-band yang ikut tampil di acara rilis party ini yakni Djentic, Vexer, Kaligula, Erupsy, dan Siksa Kubur. Sementara Eternal Madness sebagai tuan rumah menjadi penampil terakhir.

Moel mengatakan sampai saat ini Eternal Madness telah memiliki tiga album. Album pertama “Offerings to Rangda” dirilis pada tahun 1997 secara independen. Album ketiganya atau yang terakhir dirilis tahun 2006 berjudul “Abad Kegilaan”. Tahun 2016 lalu, band death metal ini merilis single “The Truth of Imagination.” Single ini tergabung dalam kompilasi Metal Rebel (Swedia); the best South East Asia metal bands.

Eternal Madness (EM) adalah band metal asal Bali yang didirikan tahun 1993 silam. Dalam perjalanan bermusiknya, EM acapkali diulas dan diwawancarai oleh media-media internasional mengenai konsep musik dan liriknya yang dianggap original metal menggabungkan elemen musik tradisional (khususnya Bali). Kegigihan serta keteguhannya dalam meramu musik dengan lirik-lirik yang amat membumi dan mudah dipahami membuat EM mampu bertahan dalam musik death metal hingga sekarang. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.