Aksi Tukar Sampah Plastik dengan Beras Menjamur di Gianyar

Plt Kadis Lingkungan Hidup Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, menghadiri penukaran sampah plastik di Desa Guwang, Sukawati, Minggu (30/8).
663 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Penukaran sampah plastik dengan beras yang dilakukan komunitas peduli kebersihan lingkungan semakin menjamur di wilayah Kabupaten Gianyar. Masyarakatpun sangat antusias. Hampir setiap minggu ada kegiatan penukaran sampah plastik atau plastic exchange. Seperti pada Minggu (30/8) kegiatan yang diinisiasi para peduli lingkungan tersebut diadakan di Desa Guwang dan Desa Batuan, Kecamatan Sukawati.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, yang hadir dalam acara tersebut, menyatakan kekagumannya atas kesadaran masyarakat terhadap lingkungan bersih. Menurutnya kegiatan ini layak diketoktularkan sebagai bagian penting dalam penanganan kebersihan lingkungan. Diungkapkanya, plastic exchange tak sekadar barter, karena memiliki beberapa makna prinsip dalam masyarakat. Antara lain, penukaran sampah plastik dengan beras merupakan wujud langsung penghargaan kaum peduli lingkungan atas kesadaran masyarakat yang makin tertib dalam menangani sampah.

Kegiatan ini pula sekaligus menjadi kepedulian sosial secara nyata para peduli lingkungan terhadap warga yang sedang terdampak Covid-19. Karena itu, pemerintah wajib hadir untuk mendorong dan mengapresiasi kegiatan ini hingga berhasil optimal. Dia mengaku bangga karena di tengah pandemi ini masyarakat tetap kreatif dan inovatif, termasuk dalam penanganan sampah. “Kita patut berbangga, bahwa suasana pandemi tak jadi halangan bagi masyarakat dalam mengatasi sampah. Ini patut kita giatkan lagi,” jelasnya.

Kujus Pawitra menilai plastic exchange salah satu kegiatan yang dapat merangsang pembangunan bank sampah. Bank sampah yang ada juga makin dihidupkan. Kegiatan ini dapat mengedukasi siswa atau pelajar dalam menangani sampah. Karena, seperti tampak, kegiatan ini dilaksanakan oleh para pegiat lingkungan di SD 1, 2, dan SD 3 Desa Guwang.

Ia bangga dan menyambut positif kegiatan plastic exchange yang makin menjamur di masyarakat. “Ini menandakan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekaligus kepedulian terhadap kondisi sosial makin tinggi,” katanya.

Selain di Guwang, plastic exchange diadakan di Banjar Cagan, Desa Pejeng, Tampaksiring, dan di Desa Batuan, Kecamatan Sukawati. Nampak warga mulai kalangan pelajar, remaja, para orang tua, bahu-membahu menukar sampah plastiknya dengan beras. Sampah plastik berbagai jenis untuk 1 kg ditukar dengan 1 kg beras. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.