Adnyani Mahayastra Tinjau Pembuatan Dupa di Tampaksiring

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra, meninjau pembuatan dupa kader PKK Desa Tampaksiring.
67 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra; meninjau pembuatan dupa kader PKK Desa Tampaksiring, Kamis (16/9/2021). Dia didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Luh Gede Eka Suary; Kepala Dinas Sosial, I Wayan Arsana; Camat Tampaksiring, Pande Made Suweda, serta Kepala Desa Tampaksiring, I Made Widana.

Adnyani Mahayastra mengatakan, dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, seperti yang bekerja di perhotelan, restoran, artshop (toko seni) dan yang lainnya. Karena situais itu, TP PKK Kabupaten Gianyar melaksanakan program pemberdayaan masyarakat yang tertuang dalam 10 program pokok PKK, khususnya Pokja II (pendidikan dan pelatihan). “Kami mengambil pelatihan pembuatan dupa bagi kader-kader PKK di Gianyar. Ada empat desa yang dilatih TP PKK Kabupaten Gianyar, yakni Desa Melinggih Kelod, Kecamatan Payangan; Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati; Desa Mas, Kecamatan Ubud; dan Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring,” ujarnya.

Dia berujar, program pelatihan pembuatan dupa merupakan program inovasi untuk kader PKK desa guna meningkatkan ekonomi keluarga. Apa yang dibutuhkan masyarakat, maka itu yang dibuat kader-kader PKK. Bukan saja pelatihan yang diperoleh kader, tapi juga mendapat modal dari CSR yang ada di Gianyar.

Tak lupa dia menekankan komitmen kader PKK di empat desa serta ketua PKK desa. “Komitmen kader yang sangat penting, dimana komitmen harus jelas. Mau tidak dilaksanakan? Mau tidak dikembangkan?” tegasnya.

Ketua TP PKK Desa Tampaksiring, Ni Wayan Rasmini, merasa terbantu karena banyak kader PKK kehilangan pekerjaan dan dirumahkan akibat pandemi. Dengan adanya program inovasi dari TP PKK Kabupaten Gianyar, dia menilai ibu-ibu PKK dapat memperoleh penghasilan guna meningkatkan perekonomian keluarga.

Kepala Desa Tampaksiring, I Made Widana, berterima kasih kepada pemkab Gianyar, karena Desa Tampaksiring menjadi binaan program inovasi dari TP PKK Kabupaten Gianyar. Dia sangat mendukung ibu-ibu yang ada di desa agar bisa mengikuti program inovasi ini. Widana berharap program seperti ini bisa berlanjut, bukan hanya saat kondisi pandemi. Jika kondisi normal program ini bisa menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga, serta dapat menjadi wirausaha mandiri. “Kami akan mendukung melalui program-program yang ada di desa mengikuti program-program di kabupaten, yaitu inovasi di bidang UMKM,” tandasnya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.