Abrasi, Jalan di Sekotong Barat Hampir Terputus

348 Melihat

LOBAR, POS BALI – Abrasi pantai di kawasan Desa Sekotong Barat Kecamatan Sekotong Lobar beberapa bulan lalu membuat salah satu ruas jalan hampir terputus. Sayangnya, berbulan-bulan kondisi itu belum mendapat perhatian serius dari Dinas PU Propinsi NTB.

Seperti diketahui, jalan dari Gerung-Sekotong merupakan jalur propinsi, sehingga menjadi kewenangan Pemprop NTB untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan. Namun nampaknya, kondisi jalan yang hampir terputus di Dusun Gawah Pudak itu luput dari perhatian Pemprop NTB.

Warga yang sering melintasi jalur itu pun merasa was was, karena sudah beberapa kali terjadi kecelakaan pada malam hari. Bagaimana tidak, di jalur tersebut memang tidak ada penerangan jalan, padahal itu merupakan jalur utama yang menghubungkan beberapa desa dengan daerah lain.

Agus Sudarma, salah seorang warga Desa Pelangan yang hampir setiap waktu melintasi jalan itu menuturkan bahwa kondisi hampir putusnya jalan itu sudah cukup lama. “Kurang lebih 5 bulan kondisinya seperti itu. Malah semakin melebar,” ujarnya.

Dia mengaku khawatir kerusakan jalan itu akan semakin parah, karena memang di lokasi jalan yang hampir terputus itu merupakan kali kecil yang tembus ke pantai. “Beberapa tahun silam pernah terjadi juga. Bahkan warga tidak bisa melintas karena memang terputus total. Syukurnya warga sekitar membantu dengan membuat jembatan darurat walaupun kami harus membayar retribusi untuk sekedar lewat,” tuturnya kemudian.

Hal senada disampaikan Haji Junaidi. Dia berharap pemerintah, melalui pemerintah kecamatan Sekotong bisa menyampaikan hal itu ke Pemkab Lobar dan juga Propinsi NTB selaku pihak yang mempunyai kewenangan. “Jangan sampai menunggu bertambahnya korban. Karena sudah beberapa kali ada yang terjatuh,” ungkapnya.

Amaq Doyok, warga nelayan setempat menceritakan bahwa abrasi itu sempat ditinjau pihak pemerintah. Namun dia tidak mengetahui pasti apakah itu Pemkab Lobar atau Pemprop NTB. “Namun hanya sekali turun, setelahnya tidak ada kabar sampai saat ini. Mudahan segera turun lagi,” singkatnya. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.