5.029 KK di Jembrana Kebagian BLT Dana Desa

WABUP Kembang Hartawan saat memberikan BLT dana desa kepada masyarakat penerima. Foto: ist
445 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa pada April 2020 senilai Rp600 ribu per keluarga penerima manfaat di Jembrana mulai dicairkan. Dalam acara penyaluran itu, hadir Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan; Camat Mendoyo, I Putu Nova Noviana; serta Perbekel Mendoyo Dauh Tukad, I Gusti Putu Edi Ediana.

Dari 41 desa di Jembrana, bantuan dikucurkan kepada 5.029 KK senilai Rp600 ribu per bulan mulai April sampai Juni mendatang. Skema pencairannya ada yang tunai maupun nontunai. “Bantuan berikutnya untuk bulan Mei akan segera disalurkan paling lambat akhir bulan,“ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jembrana, I Gede Sujana, saat penyerahan simbolis BLT di Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Sabtu (9/5/2020).

Masyarakat yang terdampak di Desa Mendoyo Dauh Tukad dibagikan kepada 24 KK. Syarat penerima penerima bantuan yakni belum mendapat BPNT (bantuan sembako) maupun PKH, serta memenuhi beberapa kriteria. Mulai dari kehilangan mata pencaharian, punya penyakit menahun /kronis, memiliki anggota keluarga sakit kritis, serta belum pernah mendapat bantuan lain dari pemerintah.

Bantuan ini disalurkan, kata Sujana, untuk menekan dampak Covid-19 di masyarakat bawah menggunakan pagu dana desa. Mekanismenya dimulai  dari pendataan relawan, kemudian hasilnya dibawa ke musyawarah desa untuk diverifikasi mana yang layak menerima. Daftar penerima itu ditetapkan melalui peraturan perbekel yang disahkan Bupati Jembrana, setelah dicocokkan dengan data Dinas Sosial agar tidak tumpang-tindih.

Jumlah penerima bervariasi, bergantung dana desa di masing-masing desa. Bagi yang memiliki dana desa di bawah Rp800 juta, mengalokasikan untuk BLT maksimal 25 persen. Untuk Rp800 juta sampai Rp1,2 miliar itu 30 persen, kemudian Rp1,2 miliar dan seterusnya sebesar 35 persen.

Sampai Sabtu (9/5/2020) sebanyak 20 desa di Jembrana menyalurkan BLT. “Prinsipnya, semua desa di Jembrana sudah siap menyalurkan, tinggal kesiapan rekening bank saja. Sisanya Senin (11/5/2020) seluruh desa sudah mencairkan,” tegasnya.024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.