3.720 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Jembrana, Siap Didistribusikan

Bupati Jembrana I Putu Artha saat meninjau kedatangan vaksin Covid-19 di Gudang Farmasi, Selasa (26/1/2021).
83 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Pemkab Jembrana menerima sebanyak 3.720 vial vaksin Covid-19 yang langsung disimpan di ruang pendingin Gudang Farmasi Dinkes Jembrana, Jalan Mayor Sugianyar, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana, Selasa (26/1/2021).

Kedatangan ribuan vial vaksin dengan pengawalan ketat aparat, dijemput langsung Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa bersama tim farmasi Dinkes Jembrana dari Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Saat tiba pukul 14.30 WITA, turut hadir Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna beserta jajaran.

Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan vaksin tersebut akan segera didistribusikan kepada berbagai elemen masyarakat utamanya tenaga medis Jembrana sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Namun sebelumnya vaksinasi pertama akan diberikan kepada Forkopimda bersama elemen tokoh agama. Dari rencana sebelumnya tanggal 2 Februari, vaksinasi pertama akan digelar pada Jumat (29/1) di Ruang Lantai III Poliklinik RSU Negara, setelah mendapat izin dan rekomendasi dari Dinkes Provinsi Bali sehingga vaksinasi bisa dipercepat.

“Untuk kick off vaksinasi Covid-19 kita berikan pada Forkopimda dan tokoh agama. Termasuk Bupati juga mengawali. Ini bentuk contoh dan memberikan bukti kepada masyarakat bahwa vaksin yang kita berikan ini aman,” katanya.

Bupati Artha berharap pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan aman dan bisa diterima masyarakat yang sudah terdata. “Kami berharap vaksinasi ini bisa memberikan jawaban atas kondisi pandemi serta penyebaran virus Covid-19, terutama di Jembrana yang sudah berlangsung sejak april tahun lalu,” jelasnya.

Kadis Kesehatan Jembrana dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, untuk tahap pertama Jembrana kebagian 3.720 vial vaksin. Jumlah itu katanya tentu tidak mencukupi sehingga masih terus berkoordinasi dengan Dinkes Bali untuk pengiriman vaksin kloter kedua. “Tenaga medis Jembrana sejumlah 1.765 orang akan mendapat prioritas pertama. Mereka sudah didata di tiap unit kerja pelayanan kesehatan. Satu orang akan mendapat vaksin dua kali. Kami targetkan vaksinasi pertama untuk tenaga kesehatan itu bisa tuntas bulan Februari nanti,” ujarnya.

Pihak Dinas Kesehatan juga sebutnya sudah menyiapkan petugas yang akan melakukan vaksinasi. Pelaksanaannya disebar di masing-masing puskesmas serta RSU Negara.

Di sisi lain Satgas Covid-19 juga akan terus melakukan komunikasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pemberian vaksin. “Ada screening dulu pastinya sebelum diberikan vaksin. Itu untuk memastikan kondisi kesehatan mereka sebagai syarat layak mendapat vaksin. Seluruh fasilitas dan layanan kesehatan Jembrana sudah siap untuk pengambilan vaksin nanti,” pungkasnya. 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.