27 Provinsi Sudah Mendaftar Ikut Mahasabha XII PHDI

Pengurus Harian PHDI Pusat berserta Panitia Mahasabha XII PHDI usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/10/2021).
295 Melihat

JAKARTA, posbali.co.id – Persiapan menjelang Mahasabha XII Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) yang akan digelar 28-31 Oktober 2021 semakin matang. Para pemilik suara yakni PHDI Provinsi dan juga PHDI Kabupaten/Kota pun sebagian besar sudah mendaftarkan diri mengikuti kegiatan ini. Hingga H-17 Mahasabha XII, tercatat peserta berasal dari 27 provinsi dengan total 306 orang peserta dan 56 orang peninjau. Panitia Mahasabha XII PHDI pun telah menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/10/2021).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sudah lebih dari 2/3 PHDI Provinsi yang menyatakan mendukung pelaksanaan Mahasabha XII yang akan digelar akhir Oktober ini. Pernyataan sikap PHDI Provinsi diawali tanggal 23 September 2021 oleh PHDI Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Jambi, dan Papua. Selanjutnya disusul oleh PHDI Provinsi lainnya seperti PHDI Provinsi Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Banten, Gorontalo, Sulawesi Tengggara, Kepulauan Riau, Riau, Maluku, Kalimantan Timur.

Kemudian PHDI Provinsi Sulawesi Utara, NTT, Bali, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sulawesi Barat, NTB, PHDI Maluku Utara, dan terakhir pernyataan sikap datang dari PHDI Jawa Timur pada 2 Oktober 2021. Selain 25 PHDI Provinsi yang disebutkan itu, dikabarkan ada 2 PHDI Provinsi lagi yang sudah mengeluarkan pernyataan sikap, namun tidak mau diumumkan dengan alasan menghindari gesekan di daerahnya. Dengan demikian, totalnya sudah 27 PHDI Provinsi yang mendukung dan telah mendaftar untuk mengikuti Mahasabha XII.

Sementara itu, Presiden Jokowi saat menerima Panitia Mahasabha XII PHDI di Istana Negara, didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dan Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana. Dari jajaran Panitia Mahasabha XII PHDI, hadir Ketua Umum PH PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya didampingi Ketut Untung Yoga (Ketua SC), IGN Wisnu Wardana (Ketua OC), Wayan Samudra Gina Antara atau Gigin Samudra (Ketua I), Ketut Duara (Sekum Panitia), dan Tedjasukma Ekaputra (Wasekum Panitia).

Ketua Umum PHDI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, melaporkan rencana Mahasabha XII PHDI yang akan diselenggarakan secara hybrid, yaitu luring terbatas di Jakarta dan secara daring dari seluruh Indonesia. “Panitia memohon kepada Bapak Presiden untuk bisa memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Mahasabha XII pada hari Kamis, 28 Oktober 2021,” ucap Wisnu.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PHDI Pusat juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dari umat Hindu kepada Presiden beserta seluruh jajaran pemerintah atas tindakan cepat dan tepat dalam menangani dampak pandemi Covid-19. Mantan Pangdam Udayana ini juga menegaskan kesiapan umat Hindu berperan serta mendukung program pemerintah, seperti Moderasi Beragama, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), dan program-program lainnya dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju.

Kepada pengurus PHDI Pusat dan Panitia Mahasabha XII PHDI, Presiden Jokowi memberikan arahan. Menurut Brigjen TNI I Ketut Duara, Sekretaris Umum Panitia Mahasabha XII yang juga ikut hadir dalam acara audiensi tersebut, Presiden menyampaikan rasa syukur karena bisa bersimakrama dengan jajaran Pengurus Harian PHDI Pusat dan Panitia Mahasabha XII PHDI.

“Presiden menyampaikan terima kasih pada PHDI dan seluruh umat Hindu di seluruh penjuru Tanah Air yang telah membantu Pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19”. Kendati demikian, Presiden mengingatkan bahwa ancaman Covid-19 belum berakhir.

“Terkait pelaksanaan Mahasabha XII, Presiden berpesan agar Mahasabha digunakan sebagai momentum untuk menyiapkan umat dalam menghadapi era perubahan disrupsi teknologi yang sangat cepat. Menurut Presiden, kuncinya adalah SDM yang tangguh dan unggul,” tegas Duara. 026/dbs

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.